Tuesday, March 27, 2012

Analog Camera in Digital era?? Why not?

alhamdulillah setelah sekian lama tidak menulis blog,akhirnya hari ini kesampean juga untuk menulis di blog ini. Dan judul yang saya usung ini akan bercerita tentang hobi baru saya di dunia fotografi.

Bermula dari pertama masuk kuliah, pertama kali tau rasanya menjadi mahasiswa. Entah ada angin apa, dari sekian banyak kegiatan luar kampus yang ada, saya memilih untuk masuk ke komunitas fotografi. namun ketika itu saya belum punya kamera sama sekali,sehingga kalau ada hunting bareng selalu minjem kamera sana-sini. Ternyata hal itu pula yang akhirnya sedikit membatasi minat saya akan dunia ini. Saya akhirnya keluar dari komunitas itu karena tidak punya kamera pegangan sendiri (miris sih kalau di ingat-ingat)


Lalu kemudian minat itu kembali bergejolak ketika saya ada sedikit rejeki dan memutuskan untuk melanjutkan minat yang dahulu sempat terhenti. Ketika itu saya inginnya membeli kamera DSLR, namun apa daya karena uang yang saya kumpulkan masih terlampau jauh, maka saya memutuskan untuk membeli SLR (gak pake "D") saja. Mungkin ada yang masih bingung apa itu DSLR dan SLR? huruf D itu berarti Digital yang berarti SLR yang sudah menggunakan digital frame. Sedangkan SLR (Single Lens Reflex) itu sendiri berarti kamera analog. Ya, tepat seperti yang anda bayangkan, kamera ini masih menggunakan roll film.

Kamera analog pertama saya adalah Canon EOS 888 QD yang juga merupakan kamera pertama yang saya miliki selama hidup saya. Pada awalnya sih agak iri ketika lihat orang-orang kesana-sini bawa kamera DSLR. Tapi setelah mendalami dengan membaca ilmu dari berbagai sumber, ternyata menjadi Analog User memiliki kesenangan tersendiri. Banyak yang bertanya pada saya, "lho bukannya biayanya justru lebih mahal? kan masih keluar uang buat beli roll dan cetak?", jawab saya simpel "itu memang benar, tapi justru proses itulah yang membuat aura fotografi semakin kental", dan yang terpenting dari semua itu, saya menikmatinya.Tanpa maksud membandingkan, dengan kamera analog yang hasilnya tidak bisa kita lihat secara instan, tentunya hikmah terbesar yang bisa kita ambil adalah kita harus benar-benar optimal dan maksimal dalam mengambil tiap frame nya. Karena kamera ini tidak mempunyai fitur preview dan delete jadi apa yang akan kita ambil tidak boleh sembarangan, kecuali memang berniat untuk menghambur-hamburkan film. 



Kembali lagi ke cerita saya, ternyata dunia fotografi ini menarik minat saya, dan ketika teman satu kosan mengetahui bahwa saya memiliki kamera, ternyata racun-racun ini menyebar ke benak mereka dan alhamdulillah sekarang saya jadi ada temen hunting foto. Kamera pertama saya tadi ternyata diminati oleh teman kos saya dan ia hendak membelinya. Sebetulnya sih sayang,tapi kebetulan saat itu saya memang sedang mengincar kamera baru jadi kamera lama saya lepaskan saja ke dia. Sama dengan saya,teman-teman yang awalnya bekum ada minat ber-fotografi, sekarang mulai tertarik dan mulai belajar otodidak dari nol. Kami sering sharing-sharing ilmu, sharing foto dan giat membaca majalah dan artikel fotografi. Dan ternyata, seru juga.



Setelah kamera pertama saya berpindah tangan, lalu muncullah kamera kedua saya, yaitu Canon EOS 500N. Masih berputar dengan canon, kamera kedua ini mempunyai lebih banyak fitur di dalamnya. Jadi saya lebih bisa mengeksplor dan mencoba satu persatu mengenai fiturnya. Lumayan seru, dan saya mencoba dengan berbagai macam kombinasi settingan. Mulai dari main DOF (Depth of Field), main Sutter Speed, hingga mencoba teknik-teknik bokeh. Memang sih sampai saat ini roll film yang sudah saya pakai belum sempat saya cuci scan karena belum ada waktu dan dana. Jadi hasil fotonya masih belum bisa saya share disini. Insya Allah bulan depan akan saya share hasil foto dengan kamera baru tersebut.
Kamera ini sekarang menjadi kamera kesayangan sekaligus keandalan saya. Tentunya saya ingin mengeskplor lebih jauh kamera ini. mungkin dengan membeli berbagai macam lensa dan ber-inovasi dengan berbagai macam teknik. Seorang fotografer terkenal pernah mengatakan "Kamera terbaik adalah kamera yang anda miliki sendiri". Jadi tentunya saat ini, Canon EOS 500N inilah kamera terbaik saya. 

Jika mungkin anda bertanya, apa sih yang membuat saya beralih hobi ke dunia fotografi ini. Jadi begini, pemikiran saya sederhana saja. Intinya saya ingin selalu bisa menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Di perkuliahan, tiap hari otak kiri saya di forsir dengan dijejali teori-teori yang membosankan. Oleh karenanya, tentunya saya butuh sesuatu yang dapat menyeimbangkan otak saya itu. Maka mulailah saya coba-coba di dunia fotografi. Yah mungkin saya masih newbie, saya masih tahu dasar-dasarnya saja mengenai fotografi ini. Gambar yang saya hasilkan pun bisa dibilang masih dalam taraf Cupu dan masih banyak kekurangan. Tapi dari kesemuanya itu, setidaknya saya bisa menyalurkan emosi saya. Mungkin orang-orang tidak mengatakan foto saya bagus, tapi setidaknya foto itu memuaskan saya sendiri. Ada kepuasan batin yang tidak ternilai ketika melihat hasil karya sendiri. So? anda tertarik dengan hal semacam ini? silakan dicoba sendiri, semoga suksesss..

14 comments:

  1. Thanks on your marvelous posting! I genuinely enjoyed
    reading it, you will be a great author.I will be sure
    to bookmark your blog and definitely will come back down the road.
    I want to encourage yourself to continue your great writing, have
    a nice day!

    my website :: electrical engineering schools in nj

    ReplyDelete
  2. Have you ever thought about adding a little bit more than
    just your articles? I mean, what you say is valuable and all.
    However think about if you added some great pictures or video clips to give your posts more, "pop"!
    Your content is excellent but with images and video clips, this blog could undeniably be one of the
    best in its niche. Wonderful blog!

    Visit my web-site: digital camera memory cards tesco

    ReplyDelete
  3. Hi would you mind stating which blog platform you're working with? I'm going to start my
    own blog soon but I'm having a tough time choosing between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I'm looking for something unique.

    P.S My apologies for being off-topic but I had to ask!

    my web page 100 ft ethernet cable staples

    ReplyDelete
  4. Hi there! Quick question that's entirely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My blog looks weird when browsing from my iphone 4. I'm
    trying to find a template or plugin that might be able to fix this issue.
    If you have any suggestions, please share. Appreciate it!


    My page semiconductor devices physics and technology 3rd pdf

    ReplyDelete
  5. Admiring the time and energy you put into your website and
    in depth information you present. It's good to come across a blog every once in a while that isn't the same old rehashed material.

    Great read! I've bookmarked your site and I'm including your RSS
    feeds to my Google account.

    Here is my web site - http://www.picowiki.com/discreetphysici13/index.php/A Home Exchange Is A Great Way To Travel and Save Money

    ReplyDelete
  6. Hello! I know this is kinda off topic nevertheless I'd figured I'd ask.
    Would you be interested in exchanging links or maybe guest writing a blog post
    or vice-versa? My website discusses a lot of the same topics as
    yours and I feel we could greatly benefit from each other. If you're interested feel free to shoot me an e-mail. I look forward to hearing from you! Awesome blog by the way!

    Here is my web blog ... discreetphysici13.newsvine.com

    ReplyDelete
  7. Wow that was unusual. I just wrote an incredibly long comment but after I clicked submit my comment didn't show up. Grrrr... well I'm not writing all
    that over again. Anyhow, just wanted to say fantastic blog!


    My web-site: my fitness tracker

    ReplyDelete
  8. Hey there! Would you mind if I share your blog with my facebook group?
    There's a lot of folks that I think would really appreciate your content. Please let me know. Many thanks

    my homepage :: www.ezinearticles.gr

    ReplyDelete
  9. I am wondering which blogging platform you are using?
    I'm new to blogging and have been thinking about using the Blogger platform. Do you consider this is a good foundation to start with? I would be really thankful if I could ask you some questions through e-mail so I can learn a bit more prior to getting started. When you have some free time, please make sure to get in touch with me at: kami.roybal@gmail.com. Bless you

    Feel free to surf to my site ... sandisk memory cards wholesale

    ReplyDelete
  10. Hey there! I've been following your web site for some time now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Humble Texas! Just wanted to mention keep up the excellent work!

    Feel free to visit my web-site; www.writerscafe.org

    ReplyDelete
  11. Hello! It looks as though we both have a interest for the same thing.
    Your blog, "Blogger: Sebuah Kisah, Sebuah Permulaan" and mine are very similar.
    Have you ever considered authoring a guest write-up for a similar blog?
    It will definitely help gain exposure to your website (my site recieves
    a lot of traffic). If you might be interested, contact me at: sergio.
    gardner@gmail.com. Many thanks

    Look into my web site; allegiant air

    ReplyDelete
  12. Howdy! Do you know if they make any plugins to safeguard
    against hackers? I'm kinda paranoid about losing everything I've worked hard on.
    Any suggestions?

    my website - instant online health insurance quotes

    ReplyDelete
  13. Hi I am so delighted I found your site, I really found you by mistake, while I was browsing on Aol for something
    else, Anyways I am here now and would just like to say kudos for a remarkable post and a all round enjoyable blog (I also
    love the theme/design), I donĂ­t have time to go through it all
    at the minute but I have book-marked it and also added your RSS
    feeds, so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep
    up the fantastic b.

    Also visit my web-site - youtube.com

    ReplyDelete
  14. Oh my goodness! Impressive article dude! Thank you so much,
    However I am encountering issues with your RSS. I don't understand why I am unable to join it. Is there anybody having similar RSS problems? Anybody who knows the solution can you kindly respond? Thanks!!

    Here is my web blog; my.opera.com

    ReplyDelete