Friday, April 15, 2011

Apalah arti sebuah nama?

waktu pertama baca judul posting ini, saya tebak anda pasti tidak asing lagi..
yeah, william shakespeare yang pertama memunculkan idiom seperti ini. aku bertanya-tanya kenapa sih pada tiap bayi yang lahir di dunia ini, orang tua selalu mencarikan nama terbaik untuk mereka?? kenapa orang tua sampai rela beli buku daftar nama-nama yang baik untuk mencarikan nama bagi bayi itu?

Label..
yapss nama adalah label, dan label adalah nama. Tiap orang yang lahir di dunia ini,pasti punya label. Berbeda dengan baju yang ketika baru kita beli labelnya langsung dicabut. Nama mewakili akan jadi apakah kita kelak,karena dengan nama kita bisa menunjukkan jati diri kita. 

Kalian pasti tau kan, tentang penelitian oleh seorang professor jepang yang menunjukkan air dapat bereaksi dengan perkataan. Ketika air itu dibacakan doa-doa, maka bila dilihat dalam mikroskop,partikel air tersebut muncul benih-benih putih bersih seperti salju. Sebaliknya ketika air dilontari dengan makian,umpatan maka partikel air tersebut menjadi jelek dan keruh. Penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya pengaruh perkataan dengan air itu.

lalu? apa hubungannya dengan nama.
Jelas ada, tau kan bahwa tubuh kita 80% nya terdiri dari air? itulah kenapa nama adalah sesuatu yang penting. Selama hidup kita, kita membawa label itu. Selama hidup kita, kita selalu dipanggil dengan label kita itu. Ini adalah hal yang sama persis dengan apa yang terjadi pada penelitian professor jepang itu. Kalau nama kita baik, tiap orang yang memanggil nama kita sama dengan dia mendoakan kita dengan panggilan itu. Gimana? does it make a sense? jelas iya donk.. contoh ni ada anak yang arti namanya adalah orang yang bijaksana, ketika orang-orang memanggil dia, orang itu sama dengan mendoakannya menjadi orang yang bijaksana. dan ketika hal itu terjadi terus menerus, hal yang sama akan terjadi pada eksperimen air itu tadi, yaps partikel-partikel air dalam tubuh kita akan bereaksi, memunculkan partikel bening bagaikan salju, lalu membentuk karakter bijaksana dalam tubuh kita.

So? gimana dengan orang yang dipanggil dengan nama panggilan jelek?
banyak kan di sekitar kita hal itu terjadi, nama asli: Arif Pratama ,panggilan: Kampret. Wew,sebuah polemik yang umum di telinga kita. Tentunya hukum air itu tadi gak berlaku donk, jika anak itu dipanggil kampret oleh teman-temannya sama saja dengan mengata-ngatain dia. dan dampaknya, akan sama persis dengan eksperimen air yang kita lontari dengan umpatan tadi. Partikelnya akan menjadi keruh,dan bahkan beracun. 

Dan sekarang, adalah tugas kita bagaimana menyikapinya. Apakah kita mau dipanggil seperti itu? atau malah bangga karena itu panggilan kesayangan dari teman-temannya? wew bagaimanapun hasil akhir kita yang menentukan.

Akhir kata,
Apalah arti sebuah nama?

No comments:

Post a Comment